Senin, 03 November 2014

BEASISWA BAKTI NUSA

"Terima kasih" kalimat itulah yang bisa menggambarkan suasana hati saya pada saat itu. Dari sekian mahasiswa UNS yang mendaftar, hanya 28 (dua puluh delapan) pelajar termasuk saya yang lolos seleksi. Tercatat hanya 2 (dua) pelajar yang mewakili dari Fakultas Hukum. Tahap Seleksi Administrasi yang sangat menyita waktu kuliah dan organisasi, akhirnya bisa saya selesaikan dengan hasil yang maksimal. Mulai dari mengunduh semua berkas, menyiapkan Surat Rekomendasi dari Dosen FH, membuat essay yang tentunya harus menarik, yang mewakili bagian dari hidup saya, masa depan saya serta kontribusi apa yang saya berikan untuk Indonesia.

Seleksi tahap kedua yakni FGD (Focus Group Discussion)dengan semua peserta. Dimana kami diberi kasus, kemudian diberi kesempatan untuk mengutarakan pandangan masing-masing. Suasana ruangan begitu panas ketika kami berdebat tentang analisis pro dan kontra masing-masing peserta dengan kasus tersebut. Harus konsisten dengan pandangan masing-masing, atau memang ikut terseret arus menyetujui pendapat lawan.

Seleksi tahap ketiga yakni Presentasi dengan para juri, yang notabene mereka adalah aktivis, jurnalis dan salah satu penggede Dompet Dhuafa. Setelah selesai presentasi, isi dari apa yang telah kita sampaikan ibarat dikuliti, dikupas habis. Anggap saja saat itu saya sedang ujian kompre atau sidang skripsi. Satu hal yang perlu diperhatikan disini adalah percaya diri, tidak egois dengan pandangan kita, serta gagasan kita harus aplikatif.

Mulai dari dana beasiswa sampai Character Building dari beasiswa ini lebih kreatif dan lebih besar dibanding dengan beasiswa lain. Semuanya terbaik diantara yang baik...Bersyukur!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar