Senin, 03 November 2014

PROPOSAL HIDUP

Dalam salah satu surat-Nya Allah berfirman:“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka sendiri yang merubahnya” (Q.S Ar-Rad’u: 11). Bahwa yang namanya perencanaan hidup yang spesifik dan tertulis sangatlah penting, karena ketika kita  mengetahui (menginstal) arah dan tujuan hidup kita dengan jelas, spesifik dan tertulis maka alam bawah sadar (pikiran bawah sadar), sikap, perilaku dan perkataan kita pun dengan tidak sadar sedikit demi sedikit dengan sendirinya akan berkorelasi dan bergerak selaras dengan tujuan itu, sekali lagi tanpa kita sadari. Sehingga sampai saat ini saya paham bahwa salah satu pembeda dari orang-orang yang berhasil dan berkelimpahan (makmur) adalah karena mereka dari awal sudah mengetahui dengan jelas akan kemana mereka melangkah, mengetahui dengan spesifik tujuan hidup mereka, dan menuliskannya dengan rinci setiap rencana-rencana hidupnya sehingga mereka mempunyai blue print yang jelas mengenai hidupnya.
Sama halnya dengan saya, saya mempunyai proposal hidup demi cita-cita dan keinginan di masa mendatang. Saya memiliki beberapa kelebihan dibandingkan orang seusia saya. Pertama, saya dapat memahami orang dengan sangat baik dan senang memberikan solusi terhadap orang-orang yang meminta pendapat saya. Kedua, saya memiliki tingkat keseriusan dalam mengerjakan sesuatu apalagi hal itu bermanfaat mutualisme bagi saya maupun orang lain. Ketiga, saya type orang yang setia terhadap suatu hal maupun barang apalagi pekerjaan yang menurut saya menyenang kan dan memberi kontribusi positif bagi kehidupan saya dan masyarakat.

Kita hidup mengikuti kebiasaan yang sudah berlaku, terus bekerja dengan keras namun kehilangan kesempatan mengetahui bahwa di dekat kita banyak peluang yang bisa memberi kebahagiaan bagi kita. Untuk menghindari hal itu kita harus menentukan arah hidup kita, tidak asal ikut-ikutan tradisi yang sudah ada. Maka dari itu bukan maksud untuk berbeda dari takdir yang telah ditentukan namun kita harus lebih jeli dalam membaca peluang yang ada di sekitar kita.
Mulai hari ini, saya akan menghilangkan hal-hal yang bisa merusak hidup saya di masa yang akan datang.  Saya tidak lagi  menunda-nunda pekerjaan.  Membuang jauh-jauh perasaan egois yang terkadang datang tanpa di undang. Selain itu, saya juga akan mengurangi hal-hal yang merugikan hidup saya khususnya: menyepelekan sesuatu. Sedangkan hal-hal yang perlu saya tingkatkan adalah banyak belajar ilmu kepolisian dan ilmu hukum serta menambah wawasan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu lewat berbagai media, disiplin waktu dalam semua hal, meningkatkan semangat untuk melakukan yang terbaik bagi hidup saya dan hidup orang lain yang ada di sekitar saya.
Di penghujung proposal hidup saya ini, saya sangat yakin dalam setiap langkah, dan semangat yang ada pada diri saya ini. Apa yang saya ingin kan belum tentu terlaksana mengingat Allah SWT senantiasa lebih tahu apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Semoga ke depannya memang terealisasi dan berguna bagi kehidupan dunia dan akherat. Tak lupa di setiap kesempatan saya selalu menyempatkan ucapan syukur di setiap tahapan yang telah saya lalui dan tetap berpegang teguh pada prinsip saya bahwa semua nya kita yang melakukan perubahan itu, namun Allah SWT yang bisa mengerti bahkan bisa mewujudkan itu semua. Amiiin Ya Rabbal Alamin!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar